PERLUKAH MINUM ANTIBIOTIK?


APA ITU ANTIBIOTIK?

Antibiotik merupakan tipe obat keras yang digunkan untuk melawan infeksi, termasuk penyakit menular yang dapat mengancam keselamatan hidup. Meski demikian, antibiotik dapat mengakibatkan efek yang tidak baik ketika tidak digunakan secara tepat. Cara yang dapat dilakukan untuk melindungi diri dan keluarga adalah dengan mengetahui kapan saatnya menggunakan antibiotik dan kapan saatnya tidak.

Antibiotik bukanlah obat dewa yang mampu menyembuhkan segala jenis sakit penyakit dan segala jenis infeksi. Antibiotik hanya bekerja melawan infeksi yang disebabkan oleh bakteri, jamur dan parasit tertentu. Antibiotik tidak bekerja terhadap infeksi yang disebabkan oleh virus (virus merupakan penyebab pilek, flu, kebanyakan batuk dan sakit tenggorokan). Masih mengkonsumsi antibiotik saat flu? Hmm.. pikir-pikir lagi deh.

Kekebalan terhadap antibiotik mungkin saja terjadi. Umumnya, antibiotik membunuh bakteri atau menghentikan pertumbuhan mereka. Namun, beberapa bakteri memiliki kekebalan terhadap antibiotik tertentu, hal ini berarti antibiotik tidak mampu lagi bekerja melawan bakteri. Bakteri akan menjadi kebal lebih cepat jika digunakan terlalu sering atau digunakan tidak sesuai dengan aturan (tidak tuntas), misalnya hanya menggunakan 2 kali padahal dosis yang dianjurkan dokter lebih dari itu. Bakteri yang kebal terhadap antibiotik tertentu kadangkala dapat dilawan dengan antibiotik jenis lainnya.

Jangan menggunakan antibiotik untuk menyembuhkan pilek atau flu. Terkadang, hal terbaik yang bisa dilakukan adalah membiarkan flu hilang dengan sendirinya, ini biasanya memakan waktu hingga 2 minggu. Jika flu tidak juga membaik, bicarakan dengan dokter. Ia akan memberikan saran maupun resep untuk meringankan sakit.

Kapan saatnya kita membutuhkan antibiotik?  Sesuai yang telah disebutkan diatas, antibiotik bekerja dengan baik untuk melawan infeksi yang disebabkan oleh bakteri, jamur dan parasit tertentu. Berikut ini merupakan garis besarnya :
  1. 1. Flu dan pilek : disebakan oleh virus, tidak dapat disembuhkan oleh antibiotik.
  2. 2. Batuk dan bronkitis : kebanyakan disebakan oleh virus. Bagaimanapun juga, jika memiliki masalah dengan paru-paru atau sakit yang sudah berlangsung lama, bakteri mungkin menjadi penyebabnya. Dokter mungkin akan mencoba menggunakan antibiotik.
  3. 3. Sakit tenggorokan : kebanyakan disebakan oleh virus, dan tidak membutuhkan antibiotik. Akan tetapi, untuk radang tenggorokan disebabkan oleh bakteri. Dokter bisa memberikan antibiotik.

Jika dokter memberikan antibiotik, pastikan untuk dihabiskan sesuai resep meskipun dalam beberapa penggunaan sudah merasa lebih baik. Hal ini untuk mengurangi resiko adanya bakteri yang tertinggal didalam tubuh yang berpotensi menjadi kebal terhadap antibiotik sehingga keadaan menjadi buruk kembali. Sebaiknya jangan minum antibiotik tanpa resep dari dokter.

Artikel Terkait

PERLUKAH MINUM ANTIBIOTIK?
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email