Cara Mencegah Komedo

Siapa sih yang tidak kesal dan jengkel dengan komedo di wajah? Baik pria maupun wanita menganggap komedo sebagai masalah kulit yang sering dialami. Selain mengganggu penampilan, bisa juga mengurangi rasa percaya diri. Komedo sendiri terbagi menjadi dua jenis, yaitu komedo tertutup (whiteheads) dan komedo terbuka (blackheads).


Komedo tertutup adalah suatu bentuk jerawat yang disebabkan karena tersumbatnya folikel rambut oleh kulit mati, bakteri dan kotoran yang pada akhirnya mengakibatkan kulit menjadi radang dan bengkak. Jika tidak segera ditangani, bakteri akan berkembang dan tetap berada dibawah permukaan kulit (itulah sebabnya dinamai komedo tertutup). Bakteri akan tumbuh dan berwarna keputihan.


Komedo tertutup ini bisa menjadi komedo terbuka jika folikel rambut berinteraksi dengan oksigen, komedo yang teroksidasi ini akan nampak dipermukaan kulit dan berwarna hitam dari luar, dan biasa kita temukan di hidung dan bawah bibir. Komedo dapat muncul hanya dalam beberapa hari setelah kontak dengan kotoran dan bakteri, tidak hanya di wajah tapi juga di leher, lengan dan punggung.

Mencegah komedo

Menghilangkan komedo secara tidak tepat akan mengakibatkan kulit menjadi lecet dan luka. Cara termudah adalah rutin memelihara kesehatan kulit, dimulai dengan membersihkan wajah dua kali sehari, di pagi dan malam hari. Membersihkan muka dengan sabun lebih dari dua kali sehari hanya akan mengakibatkan kulit menjadi kering dan jerawat menjadi makin banyak. Gunakan sabun wajah yang sesuai dengan jenis kulit atau cleansing yang mengandung asam salicyl untuk membersihkan sumbatan pada pori-pori kulit. Gunakan kain bersih untuk mengeringkan wajah.


Jangan sering-sering menyentuh wajah dengan tangan jika tak ingin bakteri dari tangan berpindah ke wajah. Orang yang mengkonsumsi banyak makanan tak sehat, lemak dan gula akan cenderung memiliki banyak komedo dibanding dengan orang yang mengkonsumsi makanan sehat seperti sayuran dan buah mentah. Juga, tambahkan lebih banyak air dalam diet.


Steam adalah cara yang paling umum dilakukan oleh para dokter kulit dan ahli kecantikan untuk membersihkan kotoran dan minyak. Metode steam (uap) akan membuka pori-pori kulit dan membantu kulit mengeluarkan minyak dan kotoran dengan lebih mudah. Setelah itu, dokter akan membersihkan kotoran tersebut dengan bantuan jarum steril untuk facial.


Lebih lanjut, hal yang paling penting untuk dilakukan adalah membersihkan make-up sebelum tidur dan sering-seringlah mengganti sarung bantal . Dalam beberapa kasus, lingkungan tempat tinggal juga bisa memberikan efek buruk untuk kulit terutama didaerah dengan tingkat polusi yang tinggi. Polusi yang tinggi dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan komedo.

Artikel Terkait

Cara Mencegah Komedo
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email