Manfaat ASI eksklusif bagi Bayi, Ibu dan Keluarga : SUPERFOOD!!

Air Susu Ibu (ASI) ialah makanan yang paling sempurna untuk bayi. Manfaat ASI eksklusif bagi bayi, terutama di bulan-bulan pertama kelahiran, tidak bisa digantikan dengan susu formula, air tajin, jus buah dan lain sebagainya.
Manfaat asi untuk bayi ibu dan keluarga
Idealnya pemberian ASI eksklusif dilakukan selama 6 (enam) bulan pertama sejak kelahiran. Eksklusif artinya tidak dicampur atau diselingi makanan dan minuman apapun, termasuk air putih. Kemudian pemberian ASI dilanjutkan hingga usia anak mencapai 2 (tahun) dibarengi dengan pemberian MPASI. Jangka waktu ini ditujukan agar manfaat ASI bagi bayi bisa didapat secara optimal. Melalui program ASI eksklusif ini diharapkan masyarakat semakin sadar pentingnya menyusui.

Manfaat ASI eksklusif terus digaungkan mengingat kebanyakan ibu muda di era modern ini, dengan sejuta kesibukan lebih memilih susu formula sebagai alternatif. Sangat disayangkan tentunya, padahal manfaat ASI eksklusif bukan hanya dirasakan oleh sang buah hati, melainkan juga bermanfaat bagi ibu yang menyusui dan bahkan keluarga lho. Selengkap apapun nutrisi yang tertulis di label susu formula tidak akan bisa menandingi manfaat ASI eksklusif.

Keluarga dekat, terutama suami diharapkan juga mengetahui pentingnya menyusui sehingga bisa memberikan support atau dukungan. Berikut coba kita ulik pentingnya menyusui dari sudut pandang sikecil, ibunda dan keluarga.

Manfaat Menyusui bagi Bayi
1. Air susu ibu mengandung segala nutrisi baik, bahkan terbaik untuk tumbuh kembang anak. Vitamin, mineral, lemak serta zat gizi lain yang dibutuhkan anak.

2. Meningkatkan daya tahan tubuh bayi dari serangan virus dan bakteri sehingga meminimalkan resiko bayi terkena diare, infeksi telinga, alergi, dll. ASI yang keluar pertama kali mengandung kolostrum (colostrum). Kolostrum adalah cairan berwarna kekuningan yang diproduksi oleh kelenjar susu. Teksturnya kental sedikit lengket dan jumlahnya terbatas, hanya ada 2-3 hari setelah melahirkan. Kolostrum adalah makanan terbaik untuk bayi baru lahir karena tinggi antibodi. Itulah pentingnya menyusui bayi sesegera mungkin setelah lahir.

3. Mencegah obesitas atau kegemukan. Bayi yang mengkonsumsi susu formula cenderung lebih gemuk karena kandungan gula yang tinggi dalam susu formula.

4. Beberapa studi menyatakan bahwa minum ASI membuat anak pintar dan cerdas.

5. Selanjutnya manfaat ASI bagi bayi yaitu terjamin kebersihannya. Air susu berasal dari tubuh ibu yang dikeluarkan melalui payudara dan langsung diberikan pada bayi. Selalu segar dan resiko terkontaminasi kotoran maupun kuman sangat kecil. Ibarat makanan, fresh from the oven.

Manfaat Menyusui bagi Ibu
1. Apabila Ibu melahirkan secara normal, menyusui dapat mempercepat proses penyembuhan. Pendarahan yang terjadi akibat proses melahirkan cepat terhenti alias mampet.

2. Menstabilkan hormon.

3. Mencegah penyakit kanker payudara serta kanker rahim.

4. Aktivitas menyusui dapat membakar kalori sehingga berat badan tetap terjaga, cocok buat diet ya Bu Ibu hehe. Ini yang dinamakan bakar lemak tanpa olahraga.

5. Lebih praktis. Saat si kecil menangis ingin menyusu, ibu tentu tak perlu repot membuat susu formula. Apalagi saat buah hati lapar di tengah malam. Menyiapkan susu formula tidak boleh asal aduk asal jadi. Botol susu harus direbus, susu tidak boleh terlalu panas, dsb.

6. Alat kontrasepsi alami. Manfaat ASI Eksklusif bagi ibu bisa sebagai alat KB alami karena mampu menekan masa subur. Biasanya ibu menyusui tidak mendapat haid / menstruasi.

7. Manfaat menyusui bagi ibu yang tak kalah penting tentu saja menjalin kedekatan batin dengan buah hati. Sentuhan kulit antara ibu dan bayi, kontak mata serta belaian terbukti meningkatkan hubungan batin ibu dan anak. Hubungan emosional yang mendalam ini bisa memberikan efek bahagia dan menenangkan.

Manfaat asi eksklusif untuk bayi baru lahir

Manfaat Menyusui bagi Keluarga.
Ada ya manfaat ASI bagi keluarga? Yang pasti hemat dan hemat banget. Harga susu formula tidaklah murah dan tiap hari kebutuhan bayi akan susu juga bertambah. Dengan memberi ASI, pengeluaran untuk membeli susu pabrikan dapat dialihkan untuk keperluan lainnya.

Dijelaskan sebelumnya manfaat ASI eksklusif bagi bayi yaitu meningkatkan daya tubuh. Hal ini juga berkaitan dengan manfaat ASI bagi keluarga. Daya tahan tubuh yang kuat membuat bayi jarang sakit. Biaya untuk berobat ke dokterpun bisa dihindari yang artinya penghematan lagi.

Ada kalanya karena keadaan tertentu sang ibu tidak dapat secara utuh memberikan ASI pada bayinya atau bahkan tidak bisa sama sekali menyusui sehingga manfaat ASI bagi bayi dan ibu tidak bisa tercapai. Bila demikian, haruslah memilih susu formula atau pengganti yang tepat. Konsultasilah dengan dokter anak untuk mencari solusi yang terbaik.

Demikian artikel tentang manfaat ASI eksklusif pada bayi, ibu dan keluarga. Semoga dapat menambah wawasan mengenai pentingnya menyusui dengan ASI.

Artikel Terkait

Manfaat ASI eksklusif bagi Bayi, Ibu dan Keluarga : SUPERFOOD!!
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email