Inilah Alasan Penting Mengapa Tidak Boleh Memencet Jerawat

Berbicara masalah jerawat memang ga ada habisnya ya. Kamu hobi memencet jerawat? Kalau iya, segera hentikan kebiasaan tersebut. Memencet jerawat tidak akan membuat jerawat cepat hilang ataupun sembuh, justru dapat memperparah keadaan.
Melihat jerawat bermunculan diwajah membuat tangan kamu gatal pengen pencet sana pencet sini kan? Terlihat di cermin, seolah-olah jerawat-jerawat tersebut nantangin kamu dan membuatmu jadi marah. Tanpa basa-basi apalagi cuci tangan, langsung saja hajar jerawatnya. Saat menemukan jerawat yang bandel, kamu jadi makin marah dan mengeluarkan tenaga ekstra untuk memencetnya.

Beberapa hari kemudian jerawat itu malah makin besar dan bertambah banyak akibat "kemarahanmu" tersebut. Akhirnya kamu merasa bersalah dan menyesal.

Jika sekilas ilustrasi diatas menggambarkan keadaan kamu banget, tenang.. setidaknya kamu tidak sendirian, memencet jerawat seringkali dilakukan oleh banyak orang, meskipun sadar bahwa hal tersebut memiliki efek buruk.

Berikut tiga alasan penting mengapa memencet jerawat itu harus dihindari :

1. Jerawat menjadi lebih banyak dari sebelumnya.
Bayangkan kalau jerawat itu adalah kantung plastik yang berisi kotoran dan tentu saja bakteri penyebab jerawat ada didalamnya. Saat kantung tersebut pecah, maka kotoran dan bakteri tersebut ikut keluar dan masuk ke pori-pori kulit yang sehat disekitar jerawat. Akibatnya bisa ditebak, jerawat malah semakin banyak.

2. Terjadi peradangan yang lebih parah.
Saat memencet jerawat, apalagi dengan tekanan yang kuat, justru membuat bakteri penyebab jerawat semakin masuk ke dalam kulit. Hal akan mengakibatkan infeksi yang terjadi makin parah. Jerawat makin membesar, merah dan meradang.

3. Menimbulkan bekas luka.
Tak jarang, kulit menjadi trauma bahkan lecet dan berdarah saat tangan memencet jerawat dengan kuat. Trauma ini akan menimbulkan noda kehitaman bekas jerawat dan memerlukan waktu lama untuk sembuh.

Jadi mulai sekarang segera hentikan kebiasaan buruk memencet jerawat. Memencet jerawat tidak boleh dilakukan dengan sembarangan.

Artikel Terkait

Inilah Alasan Penting Mengapa Tidak Boleh Memencet Jerawat
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email