Manfaat Jeruk


Jeruk? Siapa sih yang tidak kenal buah yang satu ini. Warnanya yang menggoda, rasanya yang menyegarkan dan kandungan gizinya yang tinggi dan baik untuk kesehatan membuat buah yang satu ini patut jadi favorit keluarga anda. Nutrisi yang terkandung di dalam jeruk sangat beragam.  Selain rendah kalori, buah yang satu ini juga tidak mengandung kolesterol. Pectin, adalah salah satu zat pada jeruk yang sangat efektif untuk menurunkan berat badan serta melindungi membran usus dari zat-zat beracun.












Tak diragukan lagi, jeruk merupakan sumber vitamin C yang sangat baik, seperti telah diketahui vitamin C adalah salah satu antioksidan kuat. Mengkonsumsi makanan yang kaya vitamin C membantu tubuh membangun kekebalan tubuh melawan zat berbahaya dan radikal bebas. Para perokok membutuhkan asupan vitamin C dua kali lipat lebih banyak dibanding non perokok untuk mengurangi resiko kanker paru-paru.

Bila musim hujan tiba dan flu yang menjengkelkan melanda, segelas jeruk hangat akan sangat membantu. Hal ini berkaitan dengan vitamin C dosis tinggi yang terkandung di dalamnya dapat mencegah flu menjadi lebih parah.

Seperti kebanyakan buah dan sayuran berwarna kuning-orange, vitamin A dan antioksidan lain yang cukup baik juga ditemukan dalam jeruk seperti beta carotene, zeaxanthin dan lutein. Beta-carotene memelihara kesehatan kulit, membuat kulit tetap segar dan awet muda sedangkan zeaxanthin dan lutein dapat memelihara kesehatan mata dan menjauhkan penyakit mata, seperti rabun, katarak, dll.

Vitamin B juga tak ketinggalan dalam jeruk. Vitamin B6 dan zat besi memegang aspek penting dalam pembentukan hemoglobin dan meningkatkan kapasitas peredaran oksigen dalam tubuh serta membersihkan darah. Hemoglobin sendiri berfungsi sebagai penyalur oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh.

Buah jeruk juga mengandung mineral yang cukup, seperti potasium, magnesium dan kalsium. Potassium merupakan komponen penting dalam cairan tubuh yang mengendalikan detak jantung dan tekanan darah.

Artikel Terkait

Manfaat Jeruk
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email