Sahabat Sejati : Hubungan Kalsium dan Vitamin D tak Terpisahkan

Kaitan antara Kalsium dan Vitamin D
Kalsium memang sangat penting dalam pembentukan tulang dan gigi yang sehat serta mencegah terjadinya penyakit yang berhubungan dengan tulang dikemudian hari. 
Nyeri tulang kekurangan kalsium
Nyeri tulang
Jumlah kalsium yang diperlukan tubuh pun tidak sedikit loh, mungkin itulah sebabnya banyak orang yang tidak mampu mencukupi kebutuhan kalsium atau bahkan menyepelekan. 

Sebenarnya hal ini tidak sulit dilakukan, hanya butuh kesadaran dan kepedulian terhadap kesehatan kita sendiri serta pengetahuan akan sumber-sumber kalsium.

Nah, selagi masih muda dan belum terlambat banyak-banyaklah mengkonsumsi kalsium, jangan menunda-nunda karena ini semua demi kesehatan Anda di masa depan. Terutama bagi para wanita yang sedang hamil, kebutuhan kalsium menjadi lebih besar.

Jangan sampai saat nanti anda mencapai usia 40an tahun tulang akan sering terasa nyeri, tidak mampu bergerak aktif, bangun tidur terasa sakit ditulang, osteoporosis, dll. Sayang sekali kan... 

Apalagi jika harus operasi penggantian tulang yang biayanya luar biasa mahal. Jika tidak percaya, tanya saja ke dokter spesialis tulang :D
Susu contoh minuman sumber kalsium
Susu sebagai salah satu sumber kalsium
Sumber-sumber kalsium yang telah dikenal luas yaitu susu dan produk-produk turunannya (misalnya keju, yogurt), tofu, salmon, tuna, brokoli, bayam, jeruk, almond, dll. Tidak sulit ditemui di pasar dan supermarket.

Namun perlu diingat, seberapa banyakpun Anda minum susu untuk mencapai jumlah kalsium ideal, hal tersebut akan SIA-SIA jika Anda tidak memiliki cukup vitamin D dalam tubuh. Karena vitamin D lah yang berperan dalam penyerapan kalsium yang baik untuk tulang. 

Jadi hubungan Kalsium dam Vitamin D ini sangat erat. Sedangkan vitamin D sendiri menurut saya agak sulit ditemukan dalam makanan bila dibanding dengan vitamin-vitamin lain.
Sinar matahari sumber vitamin D alami
Sinar matahari pagi sumber vitamin D
Beruntungnya, dan atas kemurahan hati pencipta semesta, sumber terbesar vitamin D adalah : sinar matahari, yang bisa kita dapatkan secara gratis tis tis... 

Suplemen vitamin D pastinya tersedia di apotek, tapi kalau ada yang gratis kenapa harus bayar? Kecuali kalau memang sedang dalam kondisi tertentu yang membutuhkan asupan vitamin D lebih banyak.

Saat pagi hari berjemurlah sebentar dibawah sorotan sinar matahari sambil berolahraga kecil, di sore haripun tidak masalah, lakukan 2-3 kali dalam seminggu. 

Sebenarnya sinar matahari di siang bolong sangat baik, hanya saja bisa membuat kulit jadi gosong hehe.. Tingginya kandungan ultraviolet juga tidak baik bagi kulit. Serta dikhawatirkan bisa memicu kanker kulit jika terlalu terik. 

Tapi jika berjalan diterik matahari 2-3 menit saja saya rasa tidak masalah demi mendapatkan Vitamin D agar dapat menyerap Kalsium dengan baik :). Jadi begitulah kira-kira kaitan / hubungan antara Kalsium dan Vitamin D ya.


Artikel Terkait

Sahabat Sejati : Hubungan Kalsium dan Vitamin D tak Terpisahkan
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email