Makanan Sehat untuk Otak

Kita semua tahu, makanan memegang peranan yang sangat penting dalam tubuh kita, tak terkecuali otak. Nutrisi yang cukup mampu menjaga fungsi dan kemampuan otak dalam berkonsentrasi, mengingat, dll. Berikut nutisi yang memiliki pengaruh positif dalam kinerja otak :

1. Sayuran hijau.
Sayuran hijau seperti bayam, sawi, kangkung, ko, brokoli sangat penting untuk kesehatan otak anak-anak dan orang dewasa. Hal ini dikarenakan sayuran hijau kaya akan vitamin B6, B12 dan folat yang merupakan komponen baik untuk mencegah kepikunan dan bahkan penyakit Alzheimer. Sayuran hijau juga biasanya kaya akan zat besi yang mampu maningkatkan fungsi kognitif otak. Sayang banyak sekali anak-anak dan mungkin remaja yang sangat benci makan sayuran, padahal manfaatnya sangat luar biasa.

2. Keluarga Berry
Kenapa saya sebut keluarga berry? karena anggotanya banyak sekali, terdiri dari strawberry, blackberry, blueberry, raspberry, huckleberry, gojiberry dan masih banyak lagi. Keluarga berry ini kaya akan antioksidan yang berfungsi memerangi radikal bebas selain itu antioksidan juga memperlancar peredaran darah ke otak sehingga memudahkan otak berkonsentrasi lebih baik. Di Indonesia buah-buahan ini masih sangat jarang dikonsumsi karena tidak mudah didapatkan di pasar-pasar tradisional. Adapun di supermarket, harganyapun pasti tidaklah murah :(

3. Cokelat
Ya! pasti yang satu ini banyak yang suka dan nggak susah-susah amat dicari. Seperti halnya buah berry, cokelat memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi, terutama pada dark chocolate. Pada milk chocolate kandungan antioksidannya lebih rendah. Yang perlu diingat, meskipun cokelat baik untuk otak, tapi jangan makan berlebihan ya. Karena sesuatu yang berlebih pasti berdampak negatif nantinya.

4. Ikan
Terutama salmon dan tuna sangat bernutrisi bagi otak karena kandungan omega-3 nya. Omega 3 merupakan asam lemak yang berfungsi untuk melapisi neuron dengan asam baik sehingga neuron bisa bergerak bebas di otak. Selain itu, omega 3 membantu meningkatkan daya ingat otak dalam menerima informasi baru tanpa melupakan informasi lama.

5. Biji-bijian
Terdiri dari beras, beras merah, gandum, dll. Biji-bijian biasanya mengandung karbohidrat yang berfungsi sebagai bahan bakar otak serta mengandung folat dan vitamin B6 yang tinggi.


Artikel Terkait

Makanan Sehat untuk Otak
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email