Daun Jati Cina (Senna Leaves) : Antara Manfaat dan Efek Samping

Daun Senna atau lebih dikenal di Indonesia sebagai daun jati cina memang sempat booming beberapa waktu yang lalu sebagai pelangsing tubuh. Tapi benarkah daun jati cina memang terbukti dapat menurunkan berat badan? Yuk, kita bahas lebih lanjut!

Jika kamu mempunyai masalah susah buang air besar, mungkin daun jati cina adalah solusinya. Daun ini dikenal luas sebagai obat untuk mengatasi susah BAB. Hal ini dikarenakan komponen laxative yang terkandung didalamnya. Ekstrak daun jati cina memiliki zat kimia yaitu anthranoid yang bisa menimbulkan kontraksi di dalam usus. Saat ini daun jati cina mudah sekali didapatkan di pasaran, dapat dibeli dalam bentuk daun yang sudah dikeringkan, dalam bentuk bubuk, dll.

Cermati cara pemakaiannya: ambil satu sendok makan daun jati cina, letakkan dalam gelas atau cangkir lalu tuangkan air panas kira-kira 250 ml ke dalamnya. Diamkan selama kurang lebih 15 menit atau sampai warnanya berubah menjadi kecoklatan, kemudian minum selagi hangat (saring ampas daunnya jika diperlukan). Alternatif lainnya, campur daun jati cina dengan air dingin dan biarkan 10-12 jam baru kemudian dikonsumsi. Tapi menurut saya, penggunaan air panas jauh lebih praktis. Jika belum terbiasa dengan rasanya, bisa juga menambahkan 1 sendok makan madu untuk memberikan sedikit rasa manis.

Yang perlu diingat, pada saat pertama kali perut akan terasa mulas (kira-kira 8 jam setelah meminumnya) dan timbul rasa ingin buang air besar. Kalau sudah begini, tinggal dikeluarkan saja :P. Reaksi ini normal-normal saja dan tidak perlu cemas. Karena obat ini bereaksi sekitar 8 jam setelah diminum, maka perlu untuk mengatur waktu kapan harus meminumnya sehingga tidak mengganggu aktivitas sehari-hari.

Untuk dosis penggunaannya, cobalah untuk minum daun jati cina 1 kali dalam sehari. Untuk hari-hari berikutnya bolehlah 2 kali sehari. Biasanya setelah 1 minggu penggunaan, perut tidak akan semulas seperti pertama kali. Hal yang paling penting, jangan menggunakan produk in terlalu sering (lebih dari dua kali sehari). Karna zat laxative-nya yang kuat dapat menimbulkan efek negatif pada usus.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah :
  1. Wanita hamil atau sedang menyusui dilarang keras minum daun jati cina karena dapat membahayakan janin.
  2. Anak usia 12 tahun kebawah dilarang mengkonsumsi.
  3. Penggunaan jangka panjang dapat menyebabkan usus tidak berfungsi dengan baik.
  4. Penggunaan dalam jumlah besar dapat menghilangkan potassium dan elektrolit lainnya serta menimbulkan dehidrasi.
  5. Banyak-banyaklah minum air putih.

Berkaitan dengan berat badan, sebenarnya daun jati cina berfungsi melancarkan buang air besar. Ia menyerap air dalam tubuh sehingga membuat feses menjadi lembek. Saat feses terbuang dari usus bersama dengan air otomatis berat badan akan berkurang. Mungkin inilah alasan banyak orang yang mengklaim daun jati cina ampuh untuk melangsingkan badan jika dikonsumsi secara teratur. Namun jika dikonsumsi terus-terusan bisa menimbulkan dehidrasi (kehilangan cairan tubuh secara berlebih).

Jadi, gunakanlah secara bijak dan sesuai kebutuhan :)

Artikel Terkait

Daun Jati Cina (Senna Leaves) : Antara Manfaat dan Efek Samping
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email