Manfaat Vitamin C bagi Tubuh

Seperti yang kita tahu, vitamin C merupakan nutrien yang penting bagi kesehatan tubuh kita. Hal yang penting untuk diketahui yaitu vitamin C tidak dapat diproduksi oleh tubuh dan tidak bisa disimpan dalam jangka waktu yang lama. Vitamin C larut dalam air, artinya jika kita mengkonsumsi vitamin C, maka vitamin C dalam tubuh tersebut akan ikut terbuang lewat urine. Sehingga, penting bagi tubuh kita untuk mendapat cukup vitamin C setiap hari.

Banyak peneliti menyarankan untuk mengkonsumsi vitamin C sebesar 500 miligram per hari. Maksimal 2000 miligram. Lebih dari 2000 mg bisa menyebabkan nyeri lambung karena vitamin C bersifat asam.

Cukupi kebutuhan vitamin C dengan rajin memakan buah dan sayuran. Buah yang dianjurkan antara lain jeruk, strawberi, anggur, mangga, nanas, pepaya dan bluberi. Sumber vitamin C yang lain yaitu kol, tomat, brokoli.

Namun seringkali sulit untuk mengkonsumsi banyak buah dan sayuran tiap harinya. Untuk itu, suplemen vitamin C dapat membantu.

Ini adalah beberapa manfaat dan fungsi vitamin C :
1. Merupakan sumber antioksidan, selain vitamin A dan E. Antioksidan berguna untuk mencegah kerusakan yang diakibatkan radikal bebas, racun kimia dan polusi.
2. Penting untuk membentuk kolagen yang berguna untuk kesehatan kulit. Kulit menjadi cerah dan bebas kerut.
3. Penting dalam proses penyembuhan luka. Vitamin C membantu memperbaiki jaringan yang rusak.
4. Mencegah turunnya daya ingat, dan perlindungan sistem kekebalan tubuh.
5. Mencegah kanker dan penyakit jantung.
6. Vitamin C tidak dapat menyembuhkan influenza, tetapi dapat mencegah influenza menjadi semakin parah.

Artikel Terkait

Manfaat Vitamin C bagi Tubuh
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email