Cara Sederhana Mengatasi Stress

Stress dapat terjadi pada siapa saja, apalagi di dalam situasi hidup yang makin kompleks. Tidak heran, banyak orang seringkali merasa stress. Stress bisa menyebabkan frustasi, rasa tertekan, dan bahkan beberapa orang akan naik berat tubuhnya. Semua stress diciptakan oleh pikiran, maka cara untuk mengatasinya juga diciptakan oleh pikiran kita sendiri.

Ada beberapa cara sederhana untuk mengatasi stress. Cara paling dianjurkan yaitu tidur. Biasanya orang akan merasa lemah dan tanpa motivasi bila dalam keadaan stres. Tidur akan menolong kita untuk merasa lebih baik, tenang dan dapat berpikir lebih jernih.

Jika susah tidur, mandilah dengan air hangat, gunakan aromaterapi, atau tulis semua hal yang mengganggu pikiran. Dianjurkan juga untuk menarik napas dalam-dalam, mendengarkan musik instrumental slow.

Jangan pernah mengeluh dengan segala hal yang sudah terjadi. Sesering apapun kamu mengeluh tidak akan membuat semua masalah selesai. Justru bisa berakibat lebih buruk. Mengeluh terus-menerus akan membuat kamu makin stress. Gunakan akal sehat dalam mencari solusi dari setiap permasalahan. Ceritakan dan minta pendapat dari orang lain yang dekat dengan anda.

Bagaimanapun juga, stress dapat berguna dalam kehidupan manusia. Dalam keadaan stress, perasaan biasanya menjadi lebih peka. Perasaan tertekan dapat memotivasi seseorang untuk mencapai tujuan tertentu. Ada orang-orang yang dapat berkerja dengan baik di bawah tekanan. Mereka menjadikan stres sebagai pemicu dan tak membiarkannya menjadi pengganggu yang besar. Yang terpenting adalah bagaimana cara untuk mengendalikan stress tersebut.

Artikel Terkait

Cara Sederhana Mengatasi Stress
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email