Vitiligo (bagian 1)

Pernahkah kamu mendengar kata "VITILIGO"? Apa sih sebenarnya Vitiligo itu? Vitiligo adalah sebuah kelainan pigmentasi pada kulit, dimana warna asli dari kulit kita akan hilang dan menimbulkan bercak-bercak putih pada kulit. Berita buruknya, Vitiligo tidak bisa disembuhkan. Namun ada perawatan-perawatan tertentu yang bisa membantu meringankan.

Vitiligo dapat berkembang ditangan, lengan, kaki, jari-jari, bibir, mata, bahkan wajah dan bagian tubuh lainnya. Dan makin lama, akan semakin meluas. Namun demikian,vitiligo bukan penyakit menular dari satu orang ke orang lain. Sekitar 2% populasi di dunia menderita penyakit ini.

GEJALA :
gejala umum vitiligo adalah timbulnya bercak putih yang bisa melebar. Bercak ini sering terjadi secara simetris dikedua sisi tubuh. Jadi jika mempunyai vitiligo di pipi sebelah kiri,maka biasanya terdapat pula di sisi sebelah kanan. Dan kondisi ini dapat diperparah dengan adanya stres, sinar matahari, dan luka. Vitiligo bisa menjangkit pria ataupun wanita,dari semua ras. Biasanya terjadi pada usia 10-30 tahun.

PENYEBAB :
tidak ada seorangpun yang tahu secara pasti apa penyebab Vitiligo. Ada beberapa teori yang berkembang. Banyak peneliti mengatakan bahwa Vitiligo merupakan kelainan yang berhubungan dengan sistem autoimune yang menyerang selnya sendiri (melanocytes).

Melanocytes adalah sel yang memberi warna pada kulit kita. Teori yang lain mengatakan bahwa sel melanocytes menghancurkan dirinya sendiri. Teori selanjutnya menyebutkan bahwa vitiligo merupakan penyakit genetik (keturunan). 30% penderita vitiligo mempunyai keluarga yang juga memiliki kelainan yang sama.

Artikel Terkait

Vitiligo (bagian 1)
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email