Obat Salep untuk Mengatasi Ruam Popok

Ruam popok pada bayi ditandai dengan iritasi kemerahan (bisa berupa bintik merah) pada bagian kulit yang tertutup popok, meliputi bagian pantat, dubur bahkan daerah kemaluan. Terkadang juga sampai perut bagian bawah dan pinggang. Hal ini tentu sangat mengganggu kenyamanan bayi sehingga menjadi rewel dan merasa gatal kesakitan saat buang air kecil maupun buang air besar (BAB). Bunda juga pasti merasa stress dan bingung bagaimana cara mengobati ruam popok ini.

Salah satu penyebab ruam popok adalah tingginya frekuensi buang air kecil dan buang air besar pada bayi. Apalagi saat mengalami diare. Seperti yang dialami anak saya beberapa waktu lalu. Dalam satu hari, bisa 8-10 kali pup (BAB) dengan tekstur yang encer. Padahal kita tahu pada air pipis dan kotoran bayi mengandung banyak kuman, bakteri dan jamur. Bila tidak dibilas dengan bersih akan menimbulkan iritasi dan ruam popok.

Oleh dokter anak waktu itu diberi salep yang harus dioles kebagian yang iritasi sebanyak 3 kali dalam sehari. Merk salep untuk ruam popok tersebut adalah Myco-Z. Berikut penampakannya :
Tiga kali pemakaian sudah menunjukan efek yang bagus, kemerahan di pantat mulai berkurang. Untuk harga, tergolong cukup mahal sih hehe.. satu tube ukuran 10 gr seharga 70.000. Tapi yang penting ruam popok anak saya sembuh. Toh sisa salepnya bisa disimpan dan dipakai lagi sewaktu iritasi datang lagi. Karena bayi memang rentan mengalami ruam popok mengingat kulitnya yang masih halus dan sensitif.

Tips saat anak mengalami ruam popok :

1. Hentikan pemakaian popok sekali pakai karena akan semakin memperburuk keadaan.


2. Saat anak selesai buang air kecil atau BAB, cukup bilas dengan air bersih. Jangan digosok dengan tisu basah atau kapas. Makin sering tergesek, kulit bayi akan makin iritasi. Bila terpaksa menggunakan kapas, basahi kapas secukupnya lalu usap dengan halus ke kulit bayi. Keringkan dengan handuk.

3. Pakaikan celana bayi atau popok kain yang nyaman dan tidak panas supaya tidak berkeringat. Keringat bisa memperparah iritasi. Kalau perlu bila cuaca panas, biarkan bayi beberapa saat tanpa celana (kurang lebih 10 menit).

4. Oleskan salep untuk ruam popok, misal Myco-Z.

Semoga membantu :)

Artikel Terkait

Obat Salep untuk Mengatasi Ruam Popok
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email