Tips Mengatasi Flu dan Pilek (Part II)

(Lanjutan)

Perbanyak asupan vitamin C


Tubuh kita memerlukan kekebalan tubuh ekstra dalam melawan virus flu. Berbicara tentang sistem kekebalan atau daya tahan tubuh, vitamin C merupakan vitamin yang paling penting. Dengan tercukupinya asupan vitamin C dalam tubuh akan meningkatkan sistem kekebalan, dengan kata lain lebih mempersenjatai tubuh dalam mengusir virus. 

Jadi, sebagai pemilik tubuh yang baik, konsumsilah vitamin C saat anda flu, paling tidak 500-1000mg per hari. Vitamin C merupakan vitamin yang larut dalam air, jadi tidak perlu khawatir overdosis, meskipun demikian jika terlalu banyak konsumsi vitamin C perut bisa terasa nyeri karena asam yang berlebih di lambung. 

Banyak suplemen vitamin C yang bisa didapat dari apotek maupun toko obat, tapi ingat jangan terlalu banyak mengkonsumsi suplemen vitamin karena gak bagus juga nantinya untuk kesehatan ginjal. Cara yang aman ya konsumsilah buah-buahan dan sayur yang mengandung vitamin C. Misalnya :
- Jeruk
- Kiwi
- Jambu biji
- Strawberry
- Brokoli
- Kubis
- Cabe
- Dll (banyak ntar kalo disebutin semua, yang nulis jadi capedeh-_-“)


Jagalah kebersihan

Selain enak dipandang, suasana yang bersih bisa mempercepat proses penyembuhan. Sebaliknya, tempat yang kotor biasanya banyak terdapat bakteri dan jamur yang dapat memperparah flu anda, debu pun dapat memicu anda untuk bersin lebih sering, capek juga kan jadinya.

Saat pilek melanda, mungkin perusahaan tissue akan meningkat penjualannya hehe. Kebanyakan orang akan memakai tissue untuk membantu mengeluarkan lendir di hidung, setelah tissuenya dipakai, buanglah pada tempat sampah yang tertutup ya, jangan pada sembarang tempat. Ingat, tissue anda sudah terkontaminasi virus yang masih aktif dan siap mencari korban selanjutnya. 

Dengan membuang ditempat yang seharusnya akan menghindarkan orang terdekat anda tertular. Kecuali jika memang anda sengaja ingin menyebarkan virus :D


Periksa ke dokter 

Jika anda merasa flu tak kunjung hilang bahkan makin parah padahal sudah cukup istirahat, cukup vitamin C, dsb. Cobalah cek ke dokter siapa tahu ada hal lain yang menyebabkan anda susah sembuh. Demam merupakan reaksi alami dan normal tubuh dalam melawan virus, artinya saat muncul demam tubuh sedang berperang melawan virus. Namun jika demam dirasa terlalu tinggi, segera periksa ke dokter.

Artikel Terkait

Tips Mengatasi Flu dan Pilek (Part II)
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

1 comments:

March 15, 2014 at 10:42 AM delete This comment has been removed by a blog administrator.
avatar