Manfaat Apel dan Cuka Apel (Benefit of apple and apple cinegar)

Seperti banyak buah lainnya, apel mengandung banyak sekali zat-zat yang berguna bagi kesehatan tubuh kita. Zat-zat tersebut dapat mengurangi risiko penyakit, membantu menurunkan berat badan dan mengendalikan kolesterol dalam tubuh. Sekelompok zat kimia dalam apel juga dapat melindungi otak dari kerusakan yang mungkin muncul, seperti munculnya penyakit Alzheimer dan sindrom Parkinson.

Antioksidan yang terdapat dalam apel dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan kanker usus. Antioksidan merupakan elemen kunci dalam mencegah kanker karena ia menstabilkan radikal bebas dalam tubuh yang dapat merusak DNA dan memicu timbulnya kanker. Pectin (sejenis serat/fiber) pada apel membantu menurunkan kolesterol dalam darah.

Namun demikian, biji apel bersifat racun ringan. Tak perlu khawatir, jika kita memakan atau tidak sengaja menelan biji apel, tidak akan berbahaya. Karena biji apel akan bersifat racun bila dikonsumsi dalam jumlah yang banyak.

CUKA APEL
cuka apel dapat ditemukan secara luas di pasar dan di supermarket, biasanya dalam bentuk kemasan botol kaca. Rasanya sedikit manis dan asam. Asam inilah yang dipercaya dapat berguna dalam proses metabolisme dan meringankan rasa nyeri. Fungsi atau manfaat dari cuka apel yaitu :
1. Mengatur tekanan darah.
2. Melawan infeksi.
3. Meringankan nyeri radang sendi.
4. Meningkatkan metabolisme.
5. Mengontrol berat badan.
6. Mempertahankan kesehatan kulit.
7. Melawan Osteoporosis.
8. Memelihara kesehatan kulit kepala.

Artikel Terkait

Manfaat Apel dan Cuka Apel (Benefit of apple and apple cinegar)
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email